Bekraf Promosikan Kuliner Kopi dan Soto


Jakarta – Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) kembali menggelar Kreatifood 2017 sebagai upaya mendukung industri kreatif kuliner Indonesia. Ajang yang  digelar di Palembang dan Makasar tersebut akan mempromosikan kopi giling lokal dan soto.

Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Sappe Sirait mengatakan, selain ajang promosi,di dua kegiatan tersebut  Bekraf juga memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap pengusaha kuliner kopi dan soto.

“Kreatifood 2017 bukan sekedar bazar, Bekraf memberikan pelatihan, memfasilitasi pelaku industri kreatif yang kesulitan permodalan sekaligus membatu pemasarannya,” ujar Sappe dalam jumpa pers Kreatfood 2017 di Jakarta, Senin (14/08/2017).

Menurutnya, kopi giling lokal saat ini telah menjadi trend tersendiri di masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan industri kopi olahan di Indonesia meningkat. Bekraf, lanjut Sappe, ingin mengedukasi masyarakat bahwa menjadi pengusaha kuliner kopi itu tidak sulit dan menjanjikan.

“Kita ingin membantu mereka dalam hal cara penyajiannya supaya lebih bagus, lebih menarik hingga produk kopi yang dijual punya nilai tambah,” katanya.

Sementara mengenai kuliner soto, Sappe mengungkapkan bahwa sejak tahun 2016 Bekraf telah mendorong soto menjadi tema makanan Indonesia.  Hal ini agar lebih mudah memperkenalkan dan mempromosikan jenis makanan khas Indonesia tersebut.

Menurutnya, Bekraf sudah memperkenalkan soto ke ajang pameran di Seol Korea, dan Frankfut Jerman. Pihaknya juga bekerjasama dengan diaspora Indonesia dalam membuat restoran Indonesia yang mengangkat menu andalan soto.

Irvan Dahlan dari Association Chef Profesional Indonesia selaku pelaksana kegiatan menjelaskan,  Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kutobesak, Palembang Sumatera Selatan, Tanggal: 22 – 27 Agustus 2017 dan di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, pada 6 – 10  September 2017.

Menurutnya, Kreatifood 2017 di Palembang digelar dalam kegiatan Festival Sriwijaya  yang merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemerintah Sumatera Selatan dalam rangka mengangkat kembali nilai-nilai tradisional dalam bingkai kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Kreatifood 2017 di Palembang akan mengangkat tema kopi giling lokal (Koling lokal).

“Koling lokal adalah sebuah gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi kopi masyarakat Indonesia,”Ujarnya.

Sementara ajang Kreatifood 2017 di Makasar akan digelar di Pantai Losari dalam kegiatan Makassar International Eight Festival & Forum 2017. Kreatifood 2017 Makasar yang akan mengusung tema Soto (Unity In Diversoto) akan hadir ditengah festival  yang berisi  Fashion, Foods, Fiction Writers, Fine arts, Folks, Fusion Music,Flora & Fauna , dan Film.

Ajang  Kreatifood 2017 Palembang, akan diikuti oleh  Asosiasi Kopi Nasonal & Lokal,  para pengusaha dibidang Kopi dan pengusaha kuliner lokal di Kota Palembang. Selain itu juga ikut para Startup dibidang kuliner yang menjadi binaan Bekraf. Kreatifood 2017 Palembang akan diisi oleh Expo kopi,  demo kreasi kopi dari bebeberapa ahli kopi terkenal dan Worshop dan Pelatihan.

Ajang  Kreatifood 2017 Makasar juga akan diikuti oleh Startup dibidang kuliner, Pedagang Soto dan pengusaha Kuliner Lokal di kota Makassar,  Chef dan praktisi Kuliner  Lokal & Nasional. Selain itu akan ada Expo Soto, Awarding untuk pengusaha Soto, Worshop dan Pelatihan oleh para nara sumber dari Bekraf, asosiasi kuliner, Instansi keuangan dan pengusaha kuliner sukses mengenai berbagai hal, antara lain; standarisasi, pengembangan produk, pembiayaan, promosi , pengembangan soft skill, dll.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik mengatakan, Kreatifood 2017 diharapkan dapat lebih mensosialisasi kopi dan soto sebagai kuliner kebanggaan Indonesia. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi wadah yang menampung para pemula industri kreatif bidang kuliner dan menjadi ajang kreasi meningkatkan pemasaran. penjual

“Kreatifood 2017 diharapkan bisa mempersiapkan soto dan kopi disegala aspeknya, untuk  menjadi kuliner Indonesia yang siap bersaing dikancah Internasional,” ujarnya.

 

Komentar Anda
6 recommended
comments icon 0 comments
105 views
bookmark icon

Write a comment...