BI Rate Tetap 5,75%


Setelah menggelar rapat Marathon sejak pukul 10.00 WIB akhirnya Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada level 5,75%.



Direktur Eksekutif Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Budianto dalam siaran persnya mengatakan, tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5% ± 1%.



Meski Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan April 2013 mengalami deflasi, bank sentral tetap mewaspadai tekanan inflasi yang berasal dari kenaikan ekspektasi inflasi terkait dengan rencana kebijakan BBM yang akan ditempuh pemerintah.



Sehubungan dengan kebijakan itu, BI akan melanjutkan penguatan operasi moneter melalui penyerapan likuiditas yang lebih besar ke tenor yang lebih jangka panjang. Penguatan operasi moneter tersebut juga dimaksudkan untuk mendukung kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan tingkat fundamentalnya.



Ke depan, Bank Indonesia akan mewaspadai sejumlah risiko terhadap tekanan inflasi maupun nilai tukar, dan akan menyesuaikan respon kebijakan moneter bila diperlukan. Selain itu, koordinasi bersama Pemerintah terus diperkuat dengan fokus pada upaya meminimalkan potensi tekanan inflasi dan mengelola defisit transaksi berjalan.



Dikatakannya, perekonomian Indonesia pada triwulan I-2013 tumbuh 6,02%, melambat dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,11%. Tingkat pertumbuhan ini lebih rendah daripada perkiraan BI sebesar 6,2%. Perlambatan Produk Domestik Bruto (PDB) bersumber dari permintaan domestik yang menurun, ditengah pemulihan ekspor yang masih terbatas.



Sementara itu RDG menilai, nilai tukar rupiah mengalami depresiasi secara moderat pada April 2013, dengan intensitas tekanan yang menurun sejalan dengan kembali meningkatnya aliran modal masuk. Nilai tukar rupiah secara point to point hanya melemah sebesar 0,05% (mtm) mencapai Rp9.723 per dolar AS dengan volatilitas yang masih terjaga. (rif)

Komentar Anda
3 recommended
comments icon 0 comments
99 views
bookmark icon

Write a comment...