Cara Jualan Online ala CEO Bukalapak.com


Membangun bisnis online memang tidak mudah. Kuncinya adalah pantang menyerah, teruslah mencoba. Anda juga harus tekun dan fokus menjalankan bisnis tersebut. Inilah yang dilakukan Bukalapak.com.

Founder sekaligus CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky, mengaku bahwa pada awalnya banyak yang tidak percaya dan banyak yang tidak mau diajak bekerja sama menjalankan Bukalapak.com. Namun pada akhirnya ia dan teman-temannya bisa meraih kesuksesan.

"Kuncinya menurut saya harus mencoba terus sampai berhasil. Belum tentu saat mencoba terus gagal, itu ending-nya. Bisa jadi setelah mencoba yang kedua kalinya bisa berhasil," kata Zaky.

Menanggapi banyaknya situs e-commerce di Indonesia yang mendapat investasi dari pihak asing, Zaky menyambut baik hal ini. Menurutnya ini menunjukkan pasar Indonesia sangat menarik. Namun Zaky menyatakan perlu ada startup yang punya success story yang luar biasa agar investor puas dan balik lagi menanamkan dananya.  

"Jangan sampai hit and run, mereka invest lalu exit dan tidak invest lagi karena gak menarik lagi," tutur Zaky.

Zaky mengaku pihaknya tidak pernah menawarkan Bukalapak.com kepada investor. Sebaliknya, mereka kebanyakan didekati oleh para investor. 

"Menurut saya kuncinya adalah fokus di perusahaannya. Kalau perusahaannya sudah jalan, saya kira diam saja banyak investor yang tertarik. Balik lagi ke success story, walaupun dalam tahap kecil. Misalnya saat Bukalapak.com mencapai 10.000 pengguna, itu gak gampang," tandasnya.

Bukalapak.com tahun ini menargetkan proses transaksi mencapai Rp 2 triliun. Salah satu barang dagangan yang laris manis dijajakan di Bukalapak.com adalah batu mulia, nilainya bisa mencapai Rp 5 miliar lebih untuk batu mulia saja. 

Zaky menilai, ini menunjukkan masih banyak potensi lokal yang belum tergali. "Batu mulia dulu kesannya kelas bawah, tapi sekarang menjadi tren dan banyak seleb dan pejabat yang pakai, ternyata produk lokal juga bisa naik kelas," imbuhnya.

Sumber: Liputan6.com

Komentar Anda
6 recommended
comments icon 0 comments
110 views
bookmark icon

Write a comment...