Ekuator, Brand Premium Sepatu Indonesia Rambah Pasar Eropa


Jakarta – Indonesia telah memiliki produk sepatu premium asli buatan dalam negeri yakni Ekuator. Di usianya yang baru setahun, Ekuator telah berhasil menembus pasar dunia dengan mengikuti pameran perdagangan di Moscow, Rusia, belum lama ini.

Co. Founder Ekuator Indonesia, Marvin Geovani menuturkan,  Ekuator lahir dari sebuah forum yang digagas pengrajin sepatu di Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian di tahun 2015. Saat itu disepakati pembuatan brand sepatu nasional  dengan nama Ekuator.

“Jadi akhirnya saya bersama beberapa teman pelaku industri sepatu lainnya, kita gabungan dari Surabaya, Jakarta, Bandung akhirnya men-support program ekuator ini untuk bisa jadi bensmark kwalitas sepatu Indonesia yang bisa terjun di dunia Internasional,” ujar Marvin saat ditemui mikronews, Senin, (09/10/2017).

Menurutnya, secara konsep branding, nama Ekuator sendiri dipilih karena mewakili Indonesia sebagai negara yang dilintasi garis katulistiwa. Menganai bahan, sepatu Ekuator  sepenuhnya menggunakan material terbaik dari Indonesia.

“Sekarang banyak sepatu pria yang masih gunakan bahan karet,  kalau kita kulit sapi asli, dan di dalamnya ada serat gabus yang justru membuat pemakaiannya unik, semakin dipakai, nanti serat gabusnya itu membentuk kakinya. Jadi semakin lama dipakai semakin enak,” jelasnya.

Untuk material kulit, Ekuator mengambilnya dari beberapa daerah di Indonesia. Marvin mengungkapkan, saat ini sebagian besar material kulit masih di suplay dari Pulau Jawa.  Produk sepatu Ekuator  secara konstruksi menggunakan metode Goodyear Welt  yang  merupakan metode yang paling kuno, autentik dan memiliki intensitas pekerja yang paling tinggi. Metode ini memiliki durabilitas paling tinggi.

“Ini memang kita buat yang durabilitynya bisa mampu 5 tahun, kemudian ini juga waterproof. Yang beda adalah kita sol bawahnya pake kulit juga,” katanya.

Marvin menambahkan, produk sepatu Ekuator juga menonjolkan Indonesia dengan menamakan produk sepatu dengan nama pulau yang ada di Indonesia seperti Java, Madura dan Borneo.

Pameran Internasional Moscow

Mengenai ajang trade show bertajuk Collection Premiere Moscow (CPM) yang baru saja diikuti Ekuator, Marvin menyebutkan bahwa lewar CPM Moscow diharapkan bisa mewujudkan impian Ekuator untuk dapat bersaing di dunia internasional.

“Memang Ekuator saat ini baru berjalan kurang lebih 1 tahun dan kemaren supprise juga di tahun pertama diundang oleh kementraian perindustrian untuk ikut ajang trade show di Moskow.  Kita sambut peluang itu dan memang untuk mewujudkan mimpinya Ekuator juga untuk bisa bersaing di dunia Internasional,” ujarnya.

Marvin menuturkan, dia membawa produk Ekuator yang sudah dijual di Indonesia dan juga prototipe sepatu Ekuator  untuk Koleksi musim gugur dan musim panas 2018. Hanya saja, untuk pasar eropa, Ekuator tetap akan merancang sepatu yang sesuai dengan iklim disana.

“Kita bawa prototype collections yang untuk spring dan summer 2018. Dan kita lihat-lihat juga, cuaca di Moscow dan eropa umumnya kan berbeda dengan di Indonesia. Disana bisa sampe minus 30 atau 40, jadi perlu sepatu yang melindungi kaki dari dingin juga,” jelasnya.

Marvin mengeaskan, kedepan, Ekuator akan terus menawarkan hasil-hasil produksi dari Indonesia sehingga karakter brand Ekuator akan semain kuat dan bisa mengharumkan nama Indonesia di  dunia internasional .

 

Komentar Anda
comments icon 0 comments
19 views
bookmark icon

Write a comment...