FIFGROUP Kembali Salurkan Dana Bergulir Bantu UMKM


JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGROUP) memberikan bantuan dana bergulir dan pelatihan literasi keuangan kepada 150 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Guru dan pelajar di Jabodetabek.

Direktur Keuangan FIFGROUP Hugeng Gozali mengungkapkan, dana bergulir merupakan salah satu cara  untuk meningkatkan kemampuan UMKM dan membantu mereka yang kesulitan modal dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga.

Pengembalian dana tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh UMKM berikutnya dengan pola yang sama.

“Kita harapkan mereka mampu mandiri dan bersaing di pasar lokal dan nantinya bisa masuk ke pasar internasional yang sangat ketat,” kata Hugeng Gozali disela-sela acara yang berlangsung di Kantor Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Jum’at (08/03/2019).

Program dana bergulir FIFGROUP ini telah barjalan sejak tahun 2015. Sampai saat ini jumlah penerima yang terbantu mencapai 195 UMKM, dimana setelah mendapatkan bantuan dana bergulir tersebut kemampuan dan usaha mereka juga ikut meningkat.

“Pelaku UMKM tersebut sebagian besar berasal dari usaha bidang kuliner, kemudian disusul dengan kerajinan tangan dan di bidang jasa,” tambahnya.

Nilai Manfaat Periode 2015 – 2019 Sebesar Rp.529 juta.

Sejak tahun 2015, FIFGROUP melalui CSR FIFGROUP PEDULI telah memberikan bantuan modal sebesar Rp 399 juta. Setelah bergulir, bantuan modal ini telah dirasakan manfaamya oleh 195 UMKM dengan nilai manfaat periode 2015 – 2019 mencapai sebesar Rp 529 juta.

Untuk tahun ini, program dana bergulir lanjutan di wilayah Jabodetabek diberikan kepada 10  UMKM binaan FIFGROUP yang selama ini telah dibina di Kecamatan Cilandak senilai Rp 30 juta  atau masing-masing UMKM menerima Rp 3 juta.

Kemudian, 10 UMKM binaan baru di wilayah Kecamatan Cilandak dengan nilai dana bergulir senilai Rp 2 juta per orang.

“Ini merupakan kelanjutan dari dana bergulir yang telah berlangsung selama ini. Program senilai Rp 20 juta kali ini,merupakan penyaluran yang ke 7 kalinya,” ujar Hugeng Gozali.

Kemudian, 10 UMKM Binaan FIFGROUP Cabang Jakarta 2 berasal dari Wilayah Jakarta Barat dengan nilai dana bergulir sebesar Rp 20 juta, atau @Rp 2 juta per orang  serta 10 UMKM Binaan FIFGROUP Bogor yang berasal dari wilayah Bogor dengan nilai dana bergulir sebesar Rp 20 juta atau @Rp2 juta per orang.

Program CSR yang merupakan sinergi antara FIFGROUP dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kecamatan Cilandak ini sejalan dengan Misi FlFGROUP yakni  “Membawa Kehidupan Yang Lebih Baik Untuk Masyarakat.”

Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku UMKM, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dari berbagai unsur terkait dengan literasi keuangan.

“Harapan kami, semoga dengan adanya kegiatan pelatihan literasi keuangan dan dana bergulir tersebut, akan membawa manfaat bagi masa depan UMKM serta kehadiran FIFGROUP dapat dimakan bagi masyarakat sekitar,” ujar Hugeng Gozali.

Bantuan dana bergulir diserahkan langsung oleh Hugeng Gozali selaku Direktur Keuangan FIFGROUP kepada Sekretaris Kecamatan Cilandak, Sumardi  untuk kemudian diserahkan kepada para UMKM disaksikan oleh Sondang Martha Samosir selaku Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain di Jabodetabek, Para  UMKM penerima bantuan dana bergulir sejak tahun 2015 sampai dengan 2019 ini juga tersebar di cabang FIFGROUP, seperti di cabang Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Lubuk Pakam, Batam, Padang, Palembang, Mataram, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Bogor, dan Manado.

Komentar Anda
8 recommended
comments icon 0 comments
20 views
bookmark icon

Write a comment...