Gelar Expo Prukades Kemendesa Dukung UKM


 

Jakarta – Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) menggelar  Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 di Mezzanine Hall, Thamrin City, 28 – 30 Juli 2017. Expo Prukades ini bertujuan untuk mempromosikan hasil kreativitas dan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Expo Prukades 2017 ini diharapakan dapat mempromosikan hasil karya masyarakat desa tertinggal dan membuka peluang inventasi dari para investor baik dari dalam maupun luar negeri,” Ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat membuka Expo Prukades, Jumat, (28/7/2017).

Prukades merupakan salah satu dari kegiatan prioritas Kemendesa yang tercantum dalam Instruksi Mentri no.1 tahun 2017 yakni, Prukades, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Embung air Desa dan sarana olahraga desa.

“Prukdes diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan di desa-desa, karena Prukades ini melibatkan bukan hanya melibatkan negara saja, tetapi masyarakat, dunia usaha dan seluruh stakeholder bangsa ini,” jelasnya.

Menurut Eko, masayarakat desa membutuhkan Prukades, karena masalah kemiskinan yang dihadapi oleh mayoritas desa – desa yang ada di Indonesia  adalah kesulitan pasar. Warga desa tidak memiliki jaminan produk yang dihasilkan dapat dipasarkan.

“Karena kesulitan pasar inilah, resiko yang dihadapi masyarakat desa seperti petani, UKM, menjadi tinggi, hingga mereka juga kesulitan mendapatkan akses permodalan,” katanya.

Expo Prukades merupakan upaya memberikan ruang pasar bagi para UKM di desa-desa di Indonesia untuk memasarkan produk unggulan mereka. Dalam ajang ini BUMDes dapat memamerkan hasil kreativitas usaha sekaligus membuka peluang pemasaran produk mereka secara luas baik dalam maupun luar negeri.

Expo Prukades 2017 ini dimeriahkan serangkaian acara seperti pameran hasil produk dari warga desa tertinggal, produk budaya lokai, pertunjukan seni tari tradisional. talk show dan serangkaian acara menarik lainnya selama 3 hari berturut-turut.

Dalam Prukades Expo kali ini dihadiri sejumlah Kepala Daerah, Kementerian, Instansi Pemerintah, BUMN, perusahaan swasta dan Perguruan Tinggi. Adapun pengisi acara talkshow dalam Prukades Expo 2017 ini diantaranya Ahmad Erani Yustika selaku Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI, Rhenald Kasali, Founder Rumah Perubahan, H. Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi serta M. Yana Aditya selaku Direktur Keuangan PT. Rajawali Nusantara Indonesia, dan Catur Budi Hartono selaku Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI.

Komentar Anda
11 recommended
comments icon 0 comments
121 views
bookmark icon

Write a comment...