Indonesia-China Sepakat Gelar Pameran UKM


Indonesia dan China menyepakati penyelenggaraan bersama Pameran UKM di China Internasional (China International Small and Medium Enterprises Fair/CISMEF) 2013.

"Pada pameran ini disepakati Indonesia akan menjadi co-host country bagi China," kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldy Halim dalam pesan elektroniknya yang diterima di Jakarta, Selasa (28/5).

Pihaknya baru saja menandatangani nota kesepahaman bersama Wakil Gubernur Guangdong China Liu Zhigeng disaksikan Dubes Indonesia untuk China Imron Cotan bersama Pemerintah Daerah Guangdong di Guangzhou China.

Neddy mengharapkan, dengan menjadi pendamping tuan rumah dalam acara pameran UKM tingkat internasional, pelaku UKM Indonesia berkesempatan untuk memperluas pemasaran dan jaringan usahanya.

Sebagai tuan rumah pendamping, Indonesia mendapat berbagai fasilitas dalam pameran itu, termasuk menempati areal pameran seluas sekitar 2.000 meter persegi.

"Kami akan melibatkan institusi lain untuk mengisi areal pameran karena kami bukan hanya akan memamerkan produk-produk UMKM Indonesia, melainkan juga mempromosikan produk kreatif, potensi investasi berbagai sektor termasuk energi dan sumber daya mineral, serta mengenalkan budaya Indonesia," katanya.

CISMEF sendiri merupakan salah satu pameran produk-produk UMKM terbesar di China yang diikuti oleh puluhan negara di dunia.

Pameran itu telah diselenggarakan sejak 2004, dan menjadi salah satu trend setter pameran UKM tingkat dunia.

Neddy sendiri berharap keterlibatan Indonesia dalam pameran perdagangan ini, akan mampu meningkatkan daya saing UMKM, mendorong kerja sama, membuka pasar, dan meningkatkan volume transaksi perdagangan antar kedua negara. (rei/ant)
 

Komentar Anda
2 recommended
comments icon 0 comments
108 views
bookmark icon

Write a comment...