Kehadiran Fintech & E-Comerce Bantu UKM


Jakarta – Kehadiran sarana teknologi keuangan (financial technology/Fintech) dan e-comerce saat ini sangat membantu perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dalam upaya semakin mendorong tumbuhnya UKM, pemerintah diminta lebih berperan dalam edukasi dan infrastruktur pendukung Fintech dan E-comerce di daerah.

“Mereka para UKM bisa terbantu banget,  mulai dari first stage aja deh misalnya cari modal, mereka mau ke bank mereka bingung,  mau ngegadein apa juga nggak punya land-bridge apa-apa,” ujar Rama Mamuaya, Founder & CEO DailySocial.id saat ditemui mikronews di Jakarta, Jum’at (15/9/2017).

Rama menyebutkan, dengan kehadiran Fintech, para petani bisa memanfaatkan perusahaan teknologi finansial penyedia layanan peer to peer lending untuk pengusaha mikro.

“Kalo yang petani ada AMARTA dan banyak lagi yang lainnya, disana mereka bisa pinjam uang untuk modal mereka. Terus ada beberapa perusahaan lain, kalo mau jualan ada Tokopedia misalnya. Jadi sebenernya untuk UKM itu ada banyak sekali terbantunya dari tehnologi baik Fintech maupun e-comerce,” jelasnya.

Rama menuturkan, dalam kaintan Fintech dan e-comerce serta UKM, pemerintah harus lebih berperan dalam hal edukasi dan penyediaan infrastruktur.

“Pemerintah itu harusnya lebih kearah edukasi, menyediakan infrastruktur, make sure 3G atau 4G nya di daerah mereka lancar,” ujarnya.

Sementara dari sisi pemain starup, Rama menyebutkan,  beberapa starup telah melakukan pola User Acquisition, dengan masuk ke daerah dan mendatangi langsung user dan memberikan edukasi.

“Sari sudut pandang pemainnya, dari starup-nya, ketimbang bakar duit pasang bilboard dimana-mana kenapa nggak ke desa-desa, ngajarin ini loh cara pakenya, itu kan sebenarnya User Acquisition  juga. Beberapa sudah ada juga yang melakukan hal itu, mereka nggak gembar-gembor kemana-mana tapi mereka masuk ke daerah ngobrol sama usernya ngajarin cara pakenya, kasih handphone, segala macem,” tutupnya.

 

Komentar Anda
5 recommended
comments icon 0 comments
71 views
bookmark icon

Write a comment...