Kini BUMDes Bisa Buka BUMN Shop


Sukabumi – Sebuah terobosan baru kembali dihasilkan oleh sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu membentuk BUMN Shop yang dapat diinisiasi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Terobosan yang didukung oleh Kementerian BUMN serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara membentuk BUMDes terlebih dahulu. Sesuai namanya, BUMN Shop merupakan etalase produk-produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh BUMN di desa.

Salah satu BUMDes yang paling awal dirintis menjadi BUMN Shop adalah BUMDes yang dikelola PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai Agen46, yaitu BUMDes Terus Jaya Sehati. Menteri BUMN RI Rini Soemarno menyempatkan diri mengunjungi BUMDes Terus Jaya Sehati ini Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (22/12).

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta jajaran direksi dari BUMN yang turut memasok barang dan jasa pada BUMN Shop, seperti Pertamina, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Kimia Farma, Telkom, dan Bulog, Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC).

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, BUMN Shop hadir untuk menawarkan solusi pemenuhan kebutuhan utama masyarakat. Di dalam BUMN Shop ini terdapat enam BUMN yang menawarkan produk dan jasanya, yaitu Pertamina dengan Pertashop – nya yang menjual BBM, Oli, dan Gas LPG.

Kemudian BULOG menjual produk seperti BerasKita, MinyakKita dan GulaKita. Apabilaterdapat kebutuhan pupuk, maka Pupuk Indonesia Holding menjual berbagai macam pupuk untuk kebutuhan petani. Telkom Indonesia tidak ketinggalan menyediakan Wifi Corner yang dapat memfasilitasi kebutuhan telekomunikasi digital. PT PPI menyediakan layanan pengantaran layanan online.

Adapun BNI berperan menyediakan berbagai layanan transaksi keuangan melalui Agen46 yang telah ditanamkan dalam BUMDes yang menjadi BUMN Shop. Agen46 dapat melayani berbagai macam transaksi keuangan antara lain Buka Rekening, Tarik/Setor Tunai dan pembayaran berbagai macam tagihan seperti PDAM, PLN, BPJS dan lain-lain. Agen46 juga dapat menerima pengajuan aplikasi pinjaman KUR.

“Manfaat yang akan diperoleh BUMDes dengan menjadi BUMN Shop adalah Pertama, BUMN Shop ini dimiliki oleh BUMDes (bukan milik perorangan tetapi milik masyarakat desa), sehingga manfaatnya atau keuntungannya bisa dinikmati oleh masyarakat,” ungkap Kiryanto, melalui press release yang diterima mikronews.com, Minggu (23/12).

Kedua, selama ini masing-masing BUMDes mempunyai ciri khas produk tertentu, dengan adanya dukungan dari BUMN ini maka bisa terjadi perluasan jaringan penjualan produk BUMDes di seluruh jaringan BUMN Shop yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dengan demikian ini berdampak positif kepada pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Sebagai gambaran, produk kerupuk yang diproduksi di BUMDes Pangandaran bisa di jual di BUMDes Sukabumi atau sebaliknya,” imbuhnya.

Ketiga, sambung Kiryanto, dengan adanya BUMN Shop, maka terdapat adanya jaminan supply atau pasokan barang dan kepastian harga jual dari BUMN yang menjadi produsen dari komoditas tersebut. Diharapkan dengan demikian, BUMDes bisa mendapatkan harga yang lebih kompetetif.

Komentar Anda
5 recommended
comments icon 0 comments
7 views
bookmark icon

Write a comment...