KUR Terus Digenjot


Pemerintah saat ini tengah mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sesuai dengan target tahun 2016 sebesar Rp120 triliun.

"Kami ingin KUR bisa dimanfaatkan semua pihak, khususnya sektor UMKM, karena bunga murah, prosedur murah, dan ada jaminan untuk usaha," kata Asisten Deputi Bidang Pasar Modal dan Lembaga Jasa Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian Agus Heri Susanto di Denpasar, Selasa (29/3).

Menurut dia, dari Januari hingga Maret, realisasi KUR di seluruh Indonesia mencapai Rp28 triliun atau rata-rata per bulannya di atas Rp8 triliun.

Untuk itu, pihaknya optimistis target realisasi pencairan KUR selama tahun ini bisa tercapai.

Penyaluran KUR, kata dia, sebagian besar terealisasi di enam provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Bali.

Agus menambahkan bahwa sebagian besar realisasi KUR itu dimanfaatkan oleh usaha mikro sebesar 58 persen dan sisanya merupakan usaha ritel.

Pemerintah, lanjut dia, telah mengambil sejumlah langkah untuk mendongkrak minat pelaku usaha memanfaatkan KUR tersebut, di antaranya menambah jumlah bank penyalur KUR, termasuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan bank swasta.

Selain itu, menambah jumlah penjamin KUR, mencapai tujuh perusahaan penjaminan. (ant)

Komentar Anda
14 recommended
comments icon 0 comments
153 views
bookmark icon

Write a comment...