LCJM Kalingga Ajak Anak Kenali Sejarah Bahari Indonesia


Jakarta – Sebanyak 200 anak diajak untuk lebih mengenal sejarah bahari dan kelautan Indonesia sekaligus mengikuti pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis oleh Lions Club Jakarta Monas (LCJM) Kalingga bekerjasama dengan Optik Tunggal di Museum Bahari, Jalan Pasar Ikan, Penjaringangan, Jakarta Utara, Minggu, (26/11/2017).

 

Presiden LCJM Kalingga, Suzi Marsita mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini sengaja mengambil tempat di Museum Bahari agar anak-anak dapat mengetahui sejarah bahari dan kelautan Indonesia, khususnya kota Jakarta.

 

Suzi menuturkan, sebelum mengenal sejarah kebaharian Indonesia dan dunia yang ditampilkan dalam bentuk diorama di dalam Museum Bahari, LCJM Kalingga memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk pemeriksaan mata gratis yang dilakukan tim dari Optik Tunggal.

“Setelah ikut pemeriksaan mata, anak – anak kita ajak melihat koleksi museum Bahari ini. Di lantai dua ada diorama tentang perjalanan sejarah bahari kita, disana anak-anak bisa mengetahui sejarah bahari khususnya Jakarta. Datangnya penjajah Portugis sebagai penjajah pertama kan disini juga,”ujar Suzi.

Anti Moehede selaku Centenial Challenge Coordinator  mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis merupakan program Vision,  salah satu program Centenial Service Challange dari Lions Club international dan anak anak yang menjadi target dari kegiatan ini sebagai service challenge untuk YOUTH.

 

Dalam kegiatan kali ini, LCJM KALINGGA dan OPTIK TUNGGAL berhasil melakukan pemeriksaan kesehatan mata sebanyak 200 anak dan 75 diantaranya diketahui memiliki masalah pada penglihatan mereka setelah diperiksa oleh tim dari Optik Tunggal.

 

“Kacamata gratis yang disediakan Optik Tunggal,  akan dibagikan di lokasi Museum Bahari ini pada 17 Desember mendatang,” ujar Effendy yang bertugas sebagai program leader dari OPTIK TUNGGAL

 

“Untuk Lions Club Kalingga, kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis ini merupakan yang keempat kali lakukan di tahun ini, Sementara kerjasama dengan Optik Tunggal, ini yang ketiga kali kita lakukan, ” ujar presiden LCJM KALINGGA menambahkan

 

Vice Presiden LCJM Kalingga, Yonkie Alwi yang juga bertindak sebagai programmer menjelaskan kegiatan yang mengambil tema ‘Visionation Fun With Herritage’ ini bukan hanya terkait program Vision tetapi juga Youth, karena pesertanya adalah anak-anak. Menurut Yonkie, dari sisi Youth program, kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dan kecintaan generasi muda terhadap para pahlawan di dunia Bahari melalui tour museum.

 

“Untuk lebih mengenal nenek moyang kita seorang pelaut, mengajak anak-anak melihat sejarah dengan mata yang sehat dan cerah,” katanya.

Marketing Manajer Optik Tunggal, Maria Immaculata mengatakan, Optik Tunggal tunggal sangat senang bisa ambil bagian dalam program yang bertujuan membangun cinta negeri pada generasi muda melalui tour museum Bahari.

 

“Ini baru pertama kali kami lakukan, dimana pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis dilakukan di museium. Kami berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Sementara  salah satu peserta, Novrita siswa SMP AL Fallah, Luar Batang, mengaku senang dengan adanya kagiatan ini. Selain bisa lebih mengenal sejarah bahari Indonesia, Ia kini mengatahui jika dia memang menderita ganguan penglihatan meski tidak parah.

 

Selain mendapatkan pemeriksaan mata dan pemberiaan kacamata gratis, anak-anak peserta acara ini juga mendapakan paket makan siang, tas sekolah dan hadiah menarik lainnya dari LCJM Kalingga. Acara yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 13.30 tersebut juga didukung oleh Danone, Nestle, Sriboga dan Pt. Gilco Indonesia yang memberikan dukungannya dalam bentuk produk.

Komentar Anda
7 recommended
comments icon 0 comments
71 views
bookmark icon

Write a comment...