Mengapa Jamkrindo Beri Pemeringkatan Kepada UMKM?


Jakarta – Sekitar 5,4 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi binaan Perum Jamkrindo akan mendapatkan layanan konsultasi manajemen dan pendampingan, serta diberikan pemeringkatan (scoring) agar dapat naik kelas dan berkembang lebih baik usahanya.

“Dengan berperingkat, UMKM memiliki kesempatan untuk mengakses pembiayaan. Ini akan mendorong usaha untuk meningkat,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar pada acara Tayang Publik Pemeringkatan UMKM di Kantor Perum Jamkrindo, Jakarta, Rabu (17/5).

Diding menjelaskan, saat ini Perum Jamkrindo terus melalukan pembangunan “database” UMKM dengan kualitas data baik, ter-“update” dan terintegrasi, untuk mendukung pengembangan dan pembinaan UMKM secara nasional. Kegiatan pembangunan “database” dan pemeringkatan UMKM mulai dilaksanakan oleh Perum Jamkrindo sejak akhir 2015.

“Kegiatan pemeringkatan ini telah diamanatkan dalam UU Penjaminan Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penjaminan Pasal 52, dan Perum Jamkrindo mendapat dukungan sangat positif dari Kementerian BUMN dan OJK,” tuturnya.

Ia juga mengatakan kegiatan pembangunan database dan pemeringkatan UMKM Perum Jamkrindo, hingga saat ini terus dikembangkan melalui penyusunan metodologi pemeringkatan UMKM, kerja sama dengan universitas dan pemangku kepentingan lainnya.

Jumlah UMKM yang sudah mendapatkan peringkat dari Perum Jamkrindo yang dilakukan sejak 2015 hingga April 2017 sebanyak 260 UMKM. Jumlah UMKM di Indonesia saat ini sekitar 57 juta dengan jenis dan kualitas data beragam dan belum terintegrasi.

Perum Jamkrindo pada Rabu (17/5) juga kembali melakukan penandatangan kerja sama MoU dengan empat universitas yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jember (Unej), Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Muria Kudus (UMU) serta asosiasi pendamping UMKM (ABDSI-Asosiasi Business Development Service Indonesia). Dengan demikian nantinya akan ada 16 mitra pendataan UMKM. (ant)

Komentar Anda
52 recommended
comments icon 0 comments
284 views
bookmark icon

Write a comment...