Pedagang LTC dan Harco Glodok Bertahan Dari Serbuan Online


Jakarta – Kecendrungan masyarakat berbelanja secara online (e-comerce) saat ini dilansir telah menggerus sektor ritel. Namun tidak bagi para pedangang alat teknik dan listrik di Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok dan pedangang elektronik di Mall Harco Glodok. Sebagai langkah antisipasi, Agung Podomoro Land (APL) dan para pedagang kini tengah mempersiapkan infrastruktur online yang akan menampung ribuan pedagang yang ada.

“Sekarang teman-teman pedagang berkumpul membicarakan bagaimana menyiasati bisnis ritel yang sekarang lagi digerogotin  oleh online,” ujar GM Marketing Harco Glodok, Aries Haryadi Sandi kepada wartawan di saat acara HUT Agung Podomoro Land (APL) di, LTC Glodok, Selasa(19/9/2017).

Aries menuturkan, perkembangan tehnologi tidak bisa dibendung apalagi dilawan. Para pedagang di LTC Glodok dan Harco Glodok sadar akan hal itu dan berusaha mencari cara bagaimana agar bisa menggandeng tehnologi online untuk kemajuan mereka.

“Sekarang yang dilakukan teman-teman pedangang itu adalah ikut dalam bisnis online juga, jadi selain mereka punya toko, showroom di beberapa tempat mereka ada wadah onlinenya juga. Jadi diharapkan itu bisa menaikkan omzet mereka,”katanya.

Saat ini, lanjut Aries, pihaknya dan para pedangang tengah menggodok e-comerece non fasion, yang akan nantinya berisikan para pedangang Harco Glodok, LTC Glodok dan Kenari Mas. Karena kalau di jumlahkan para pedangan yang ada di tiga gedung itu mencapai ribuan, sekitar enam ribu pedagang.  Rencananya e-comerce itu akan diwadahil oleh APL grup.

“Memang kita lagi bicarakan sama mereka untuk ada satu wadah yang arahnya non fasion,  jadi dalam arti hanya untuk pedagang Harco, LTC dan Kenari Mas, yang kebetulan tipical pedagangnya hampir sama yaitu, teknik, listrik dan elektronik. Rencananya jika tidak ada halangan kita mau bikin e-comerce atau market share gitu, tetapi pedangang yang didalamnya itu yang diisi oleh pedangang Harco, LTC dan Kenari Mas,” katanya.

Dijelaskan, ada perbedaan antara situs belanja online dengan LTC Glodok.  Menurut Aries, pihaknya menyediakan hadiah bulanan bagi para pengunjung yang beruntung. Ini yang tidak bisa didapatkan lewat belanja online. Selain itu, harga barang di LTC sama dengan di online.

“Kedepanya tiap bulan kita akan undi motor, bukan hanya satu motor, ada juga handphone dan lainnya. Ini yang anda tidak bisa dapatkan di online. Dan kita jamin harga barang yang pengunjung beli di LTC maupun di online itu harganya pasti sama, karena memang prinsipal barang-barang tehnik dan listrik yang terbanyak itu ada di LTC,” paparnya.

Aries menambahkan, para pedangang elektronik di Mall Harco Glodok berbeda dengan pedangan elektronik lain. Merka tidak terpengaruh lantaran barang elekronik yang dijual adalah jenis sound system.

“Electronik di Harco ini beda, lebih banyak pemain-pemain sound system, mixer kemudian, speaker, peralatan karaoke, home theater, dari yang termurah sampai yang termahal,”katanya.

Dalam acara HUT APL ke 48 tahun, LTC Glodok bersama Harco Glodok memberikan apresiasi kepada tenant dan loyal costumernya. Mall Harco Glodok memberikan apresiasi kepada tenant yang sudah membeli kios di Harco Glodok, sendang LTC Glodok memberikan apresiasi kepada costumer dengan nilai pembelanjaan tertinggi.

Komentar Anda
8 recommended
comments icon 0 comments
85 views
bookmark icon

Write a comment...