Rumah Kopi Nusantara Beri Nilai Tambah Petani Kopi


Jakarta – Rumah Kopi Nusantara (RKN) merupakan salah satu kedai kopi pilihan pecinta kopi di Jakarta. RKN yang kini ada di dua lokasi yakni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan di Telkomsel Smart Office (TSO) Tower, berdiri dengan visi ingin memberikan nilai tambah bagi petani kopi.

Menurut salah seorang pendiri RKN, Abdurrohim, selama ini petani kopi termarjinalkan. Karena itu, RKN dibuat sebagai wadah bagi para petani kopi untuk memasarkan kopi mereka.

“Rumah Kopi Nusantara ini semangatnya sebenarnya kita ingin agar added value kopi ada di petani. Karena selama ini kan petani termajinalkan, kita ingin petani ini punya coffee shop. Kebetulan saya petani, sampai sekarang pun petani. Kita ingin membangun coffee shop yang khusus menampung produk-produk dari petani,” ujarnya saat ditemui mikronews di Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Abdurrohim menuturkan, ide terbentuknya RKN berawal saat dia dan beberapa teman menggagas sebuah seminar nasional tentang kopi yang menghadirkan produsen kopi dari seluruh Indonesia. Dari seminar yang dilangsungkan tahun 2013 itu, lahir kesepakatan untuk membangun RKN.

“Jadi tahun 2013 kita buat seminar nasional dengan produsen kopi se Indonesia, kemudian kita buat MOU bagaimana kita membangun coffee shop, tempat promosi kopi yang ada di Indonesia. Itu semangatnya,” Jelasnya.

Hingga saat ini para petani yang telah bermitra dengan RKN berasal dari 11 daerah di Indonesia. Mereka mengirim biji kopi dengan standar mutu yang telah ditetapkan RKN.

“Sampai saat ini kita sudah ada dari 11 daerah.  Aceh Gayo, Sidikalang, Mandailing, Lampung, Jawa Barat, Bali dari Kintamani, Jawa Timur ( Gunung Ijen), Flores (Bajawa), dari Toraja dan Papua (Baliem), tetapi perwakilannya ada di Surabaya. Kebetulan dia mahasiswa dari Papua yang ada di Surabaya,” tuturnya.

Abdurrohman menuturkan, RKN sangat terbuka bagi petani yang ingin mengirim biji kopi hasil lahan mereka. Ia juga mempersilahkan para petani yang ingin bergabung untuk mengontak atau datang lansung ke sekretariat RKN di TMII.

“Kita sangat terbuka jika ada petani yang ingin men-suplay kopinya ke RKN, siapapun petaninya bisa datang ke tempat kita. Tetapi tentunya ada quality control  dari kita,dengan standar grade 1,” katanya.

RKN , lanjutnya, bercita-cita ingin menjadi chanel distribution untuk pasar Jakarta dan kota – kota besar lainnya di Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, tahun ini RKN akan membuka kedai ke tiga yang rencannya akan dibangun di wilayah Jakarta Selatan. Pihaknya juga siap membangun network dengan pengusaha di daerah jika ingin membangun kedai kopi RKN.

“Kita sih seneng aja kalo ada yang mau membangun network dengan kita. Kita senang kalau ada yang mau membangun petani dengan visi dan misi yang sama,” pungkasnya.

Komentar Anda
4 recommended
comments icon 0 comments
31 views
bookmark icon

Write a comment...