Survei BI Februari 2019: Konsumen tetap Optimis


Jakarta – Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2019 menunjukkan optimisme konsumen tetap terjaga.

Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 125,1, relatif stabil dibandingkan dengan 125,5 pada bulan sebelumnya.

“Optimisme konsumen tetap terjaga ditopang oleh meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan tetap kuatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini,” ungkap Bank Indonesia, dalam siarannya, Rabu (6/3).

Menurut BI, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat didukung oleh optimisme terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan pada 6 bulan mendatang. Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini tetap berada pada level optimis, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat dalam 3 bulan mendatang (Mei 2019). Perkiraan konsumen terhadap perkembangan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan barang dan jasa saat bulan puasa dan menjelang Idul Fitri.

Sementara itu, tekanan harga dalam 6 bulan mendatang (Agustus 2019) diperkirakan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi rumah tangga dan normalnya permintaan barang dan jasa.

Komentar Anda
comments icon 0 comments
6 views
bookmark icon

Write a comment...