UMKM Binaan BNI Go Online


Seiring dengan kian mewabahnya tren belanja online di masyarakat, para pelaku UMKM dituntut melek teknologi untuk memperluas pasar melalui fasilits e-commerce. Untuk itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI secara berkesinambungan melatih para mitra binaannya guna meningkatkan kemampuan melakukan pemasaran melalui pasar online atau Mitra Binaan Go Online (GOL). 

Dalam dua hari terakhir ini, BNI membuka pelatihan e-commerce untuk batch Kedua dan Ketiga, bagi sekitar 100 mitra binaannya di Kuta, Bali dan Desa Kamasan, Bali. Pelatihan e-commerce yang digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 BNI ini ditargetkan untuk menyeleksi enterpreneur- enterpreneur pemula terbaik.

Pelatihan e-commerce untuk mitra binaan BNI di Kamasan dilaksanakan pada Jumat (8 April 2016). Pelatihan dilaksanakan di Kampoeng BNI Kamasan,salah satu dari sekitar 20 Kampoeng BNI yang dikembangkan BNI saat ini di Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan  bagian dari serangkaian pelatihan sejenis yang secara simultan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Sebelumnya, pelatihan yang sama dilaksanakan di Jakarta. Pelatihan serupa telah dijadwalkan untuk digelar di Bandung dan Yogjakarta. Di masing-masing kota, BNI mengundang sekitar 50 mitra binaan, sehingga secara keseluruhan ada lebih dari 250 mitra binaan yang dilatih berdagang secara online.

Corporate Secretary BNI Suhardi Petrus mengungkapkan, sebanyak 70 mitra binaan terbaik dari seluruh pelatihan e-commerce tersebut akan diundang untuk mendapatkan pelatihan lanjutan di Jakarta, yaitu disela-sela pameran industri kreatif teraktif di Indonesia saat ini, yaitu Inacraft 2016. Ke-70 mitra binaan pilihan tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk-produk unggulannya pada laman e-commerce yang dikembangkan oleh BNI, yaitu www.aksenbelanja.com.

“Akan ada sekitar 1.946 item produk mitra binaan BNI yang akan dipajang di www.aksenbelanja.com atau setiap mitra binaan akan diberi kesempatan untuk memajang sekitar 27 item produk di situs itu. Kami akan membuka kanal khusus bernama Kampoeng BNI pada situs www.aksenbelanja.com itu untuk mengelompokkan produk-produk yang dipajang oleh para mitra binaan BNI tersebut,” ujar Petrus.

Pada pelatihan batch Pertama yang berlangsung di Jakarta, 22 Maret 2016, BNI mengundang mitra binaan dari seluruh Indonesia dengan bisnis bervariasi mulai dari produk-produk fashion (tas, kain, pakaian, asesoris dan sepatu) tersebut merupakan bagian dari Program Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi 70 mitra binaan BNI dalam rangka Peringatan HUT ke-70 yang akan jatuh pada 5 Juli 2016.  

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal kepada mitra binaan BNI dalam menghadapi globalisasi digital marketing. Terbukanya pasar baru di dunia maya akan memperkuat para pelaku UMKM agar tetap dapat menjalankan usahanya. Kuatnya UMKM akan memastikan roda perekonomian Indonesia tetap berputar dan dapat mencegah kenaikan tingkat pengangguran.

Sampai dengan saat ini, BNI telah membina 3.505 UKM dimana 1.274 mitra berasal dari perajin-perajin yang dibina di Kampoeng BNI. Selain program capacity building untuk peningkatan kompetensi bagi mitra binaan, BNI juga memberikan akses bagi para mitra binaannya melalui pameran. Bahkan bagi perajin yang kualitas produknya memenuhi standar internasional, BNI memberi kesempatan mitra bersama BNI untuk pameran di luar negeri. (*)

Komentar Anda
18 recommended
comments icon 0 comments
192 views
bookmark icon

Write a comment...