PNM Palembang Beri Pelatihan ke 75 Debitur UMKM


Perseroan Terbatas Permodalan Nasional Madani Cabang Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan program pelatihan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah di provinsi setempat.

Program pelatihan yang dikemas dalam "Program Capacity Building PNM" itu diberikan secara bertahap kepada masyarakat pengelola usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mendapat bantuan kredit dari lembaga pembiayaan mikro Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

Pemimpin PT PNM cabang Palembang,  Ahmad Nur Muharam, mengatakan pihaknya merealisasikan "Program Capacity Building PNM" dengan memberikan pelatihan kepada 75 debitur dari sektor usaha pertanian, perkebunan, dan perdagangan yang berasal dari Kota Lahat, Martapura OKU Timur, dan Pangkalan Balai Banyuasin.

“Pelatihan yang mengusung tema ‘Pengusaha Tahan Banting’ menghadirkan pelatih (trainer) yang andal di bidangnya dan testimoni nasabah yang telah berhasil dibina oleh PNM,” katanya di Palembang, Selasa (4/6) seperti dikutip Investor Daily.

Pelaku UMKM pada umumnya, kata dia, cenderung cepat menyerah ketika bisnis mereka terkena guncangan, seperti ditipu oleh rekan bisnis atau merasa kalah bersaing dengan terpaan produk dari berbagai daerah atau negara lain.

Melalui pelatihan tersebut, selain memberikan kiat-kiat mengembangkan usaha dan mengelola keuangan, pelaku UMKM juga diberikan motivasi agar mereka menjadi pengusaha yang tahan banting, kata Ahmad.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT PNM Gung Pangoddo mengatakan bahwa program pelatihan nasabah merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMKM.

"Ini menjadi keunggulan PNM dibandingkan pelaku bisnis pembiayaan mikro lainnya," ujarnya kepada Antara.

Berdasarkan data selama 2012, PT PNM telah melakukan program pelatihan regular sebanyak 132 kali kepada sekitar 7.425 nasabah, sedangkan pada tahun ini ditargetkan pelatihan akan diberikan kepada sekitar 10.000 nasabah, katanya.(tam)

Komentar Anda
comments icon 0 comments
116 views
bookmark icon

Write a comment...